Cara Hapus Data di Pinjol (Pinjaman Online) Terbaru

Cara hapus data di pinjol – Apakah anda memiliki niat untuk menggunakan jasa pinjaman online? Sebelum melakukan pendaftaran pada jasa pinjaman online sebaiknya Anda harus memahami beberapa hal penting. 

Mengetahui berbagai macam informasi dan ketentuan akan membantu anda untuk aman dan terhindar dari berbagai macam situasi yang kurang mengenakkan. 

Salah satu hal yang harus Anda pahami dengan baik adalah menghapus data kontak dari pinjaman online. Ternyata data pinjaman pribadi dari para nasabah bisa saja disalahgunakan oleh pihak pinjaman online.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Kredivo dengan Mudah

Ketika anda akan melakukan proses pendaftaran untuk pengajuan pinjaman pasti ada beberapa data yang harus diisi sesuai milik nasabah. Bahkan aplikasi tersebut biasanya minta izin untuk mengakses data pribadi yang telah tersimpan pada smartphone.

Sebaiknya waspada sebab beberapa pinjaman online ilegal sering menyalahgunakan data pribadi nasabah sehingga mereka bisa memberikan ancaman pada saat melakukan proses tagihan tersebut.

Maka dari itu sangat disarankan jika anda memahami cara hapus data pada aplikasi pinjaman online, seperti berikut ini.

cara hapus data di pinjol
ilustrasi pinjaman online

Cara Hilangkan Izin Akses

Sebelum melakukan proses penghapusan data Anda juga bisa menghilangkan izin dari aplikasi tersebut untuk mengakses data pada smartphone. 

Sangat sederhana sebab Anda bisa mematikan izin akses data bagi-bagi aplikasi pinjaman online tersebut. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba.

  • Langkah pertama silahkan masuk pada menu setting atau pengaturan.
  • Kemudian silahkan masuk pada aplikasi
  • Cari aplikasi pinjaman online yang anda gunakan.
  • Scroll ke bawah dan lihat apakah ada izin seperti yang dimaksud.
  • Anda bisa mematikan izin yang tidak dikehendaki sesuai dengan keinginan.

Cara Hapus Data di Pinjol

Cara sebelumnya memang memiliki tujuan untuk menghapus data kontak pribadi. Menghapus data di pinjol di mana bisa menghapus seluruh data Anda secara permanen.

  1. Apabila anda sudah melunasi pinjaman maka silakan hubungi call center dari aplikasi pinjaman online tersebut. Cobalah untuk mengajukan permohonan penghapusan data pribadi.
  2. Jika sudah disetujui maka anda bisa menghapus aplikasi pinjol yang telah terinstal pada smartphone.
  3. Anda juga bisa mencoba mengganti sim card yang digunakan untuk mendaftar pinjaman online.
  4. Beberapa akun media sosial yang cukup penting dan terdaftar menggunakan nomor lama sebaiknya diganti dengan nomor baru.
  5. Tetapi jika gangguan masih saja berlanjut maka anda bisa melaporkan pada pihak OJK. 

Pihak Kementerian komunikasi dan Informatika juga memberikan perhatian pada data kontak pribadi nasabah yang sering digunakan oleh beberapa aplikasi pinjaman online secara ilegal. Apabila Anda masih merasa kurang nyaman karena berbagai macam gangguan dari pihak pinjaman online maka sebaiknya laporkan kepada OJK.

Pihak OJK akan segera tanggap untuk memberikan tindakan dan sanksi kepada mengelola aplikasi pinjaman online tersebut. Cara menghapus data di pinjol bisa dikatakan sebagai sesuatu yang wajib dilakukan.